Terbesar se-Asia Tenggara, Indofest 2020 Targetkan Rp 17 Miliar

Reporter  : Cecep Gorbachev (Kontributor Jakarta)
Editor       : Tangguh Sipria Riang

RANSELPRO.COM, Jakarta – Pameran petualangan terbesar di Asia Tenggara, Indonesia Outdoor Festival (Indofest) akan kembali digelar di Hall A-B Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, 12-15 Maret 2020.

Lokasi Indofest 2020 kali ini membutuhkan dua area JCC Senayan, Hall A-B seluas 7.500 meter persegi. Lebih luas dua kali lipat dari tahun sebelumnya. Sesuai dengan tema “Indonesia The Greatest Outdoor.”

“Dengan tema tersebut, kami ingin menunjukkan kepada dunia, bahwa Indonesia adalah surga destinasi petualangan dunia. Tahun ini, kami menargetkan jumlah pengunjung sebanyak 100.000 orang. Total transaksi Rp 75 milyar selama penyelenggaraan,” kata Ketua Pelaksana Indofest, Eva Fitri Yeni dalam konferensi pers di kawasan Radio Dalam, Jakarta Selatan, Kamis (5/3/2020).

Menurut Eva, sejak pertama kali digelar tahun 2015, animo pengunjung Indofest terus meningkat setiap tahunnya. Tahun 2019 lalu, total pengunjung tercatat mencapai 68.000 orang. Mulai dari petualang, aktivis pencinta alam, backpacker, penyedia peralatan dan layanan untuk kegiatan petualangan hingga lembaga pemerintahan.

Ramah Covid-19
Terkait adanya kekhawatiran tentang penyebaran virus Corona (Covid-19), Indofest berkomitmen untuk melakukan tindakan preventif selama penyelenggaraan acara. Keamanan dan kenyamanan pengunjung menjadi prioritas.

Panitia telah berkoordinasi dengan Balai Sidang JCC Senayan untuk menyiapkan langkah preventif selama pameran. Mulai dari sosialisasi tentang gejala, tanda dan pencegahan virus corona; pemasangan/penyediaan hand sanitizer di area function room/public area; penyemprotan disinfektan di ruangan pameran; menyediakan tim medis untuk antisipasi gejala virus corona; dan menurunkan tim Infrared Thermal Gun di pintu masuk gedung.

Pengecekan suhu peserta pameran di Jakarta Convention Center. (IST)

“Tim Indofest selalu berkoordinasi dengan sumber-sumber terpercaya terkait virus Corona. Seperti Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan DKI Jakarta dan manajemen JCC. Pengunjung diimbau tak perlu khawatir secara berlebihan. Jadi, acara akan tetap berlangsung sesuai jadwal,” jamin Eva.

Sementara itu, Chief Executive Officer (CEO) COS Event, Disyon Toba, mengatakan, kegiatan petualangan di Indonesia, telah berkembang pesat menjadi industri pariwisata yang bernilai tinggi. Kegiatan-kegiatan seperti pendakian gunung, menyelam, penelusuran gua dan berbagai petualangan lainnya, telah menarik para wisatawan asing untuk berkunjung ke Indonesia.

“Berada di garis khatulistiwa, Indonesia merupakan surga untuk kegiatan alam dan petualangan yang menawarkan hutan tropis, pantai berpasir putih, taman nasional, gunung berapi, danau, padang savana, sungai dan gua. Menjadikan Indonesia, surga untuk petualangan di dunia. Karenanya tahun ini, kami mengambil tema Indonesia The Greatest Outdoor,” terang Disyon.

Simulasi Edukasi
Indofest juga berkomitmen untuk menghadirkan isu-isu terbaru tentang dunia petualangan kepada masyarakat. Hal-hal tersebut disampaikan melalui talkshow dan sharing session oleh para pakar-pakar dari dunia petualangan, pegiat dan aktivis alam, lingkungan, influencer dan komunitas.

Untuk memberi pengunjung pengetahuan dalam dunia kegiatan luar ruang, diselenggarakan juga pelatihan seputar dunia petualangan bersama para pakar dalam Indofest Academy. Kamu yang hadir nantinya dapat mengikuti pelatihan singkat First Aid for Outdoor Activities dan Bushcraft Education. Tujuannya memberikan edukasi bagi para penggiat alam terbuka agar dapat berpetualang dengan aman dan nyaman.

Pelatihan-pelatihan seperti Cardiopulmonary Resuscitation (CPR), penanganan luka dan patah tulang, hipotermia dan penyakit ketinggian, gigitan ulat berbisa serta binatang berbisa lainnya, dapat kamu ikuti selama penyelenggaraan acara berlangsung.

Pada Bushcraft Education yang juga dapat kamu ikuti, tidak kalah menariknya. Ada pelatihan seputar perlengkapan bushcrafting, pembuatan api, sheltering, crafting, dan foraging.

Instansi dan Komunitas
Ingin mengenal kawasan konservasi seperti taman nasional dan mengetahui lebih jauh kegiatan menarik yang dapat kamu lakukan di dalamnya serta aturan-aturannya, kamu dapat mendatangi booth Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang akan diwakili oleh Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE). Semua yang berkaitan kegiatan luar ruang di taman nasional dan taman wisata alam, akan kamu dapatkan disini.

Selain Balai Taman Nasional Gunung Ciremai, Balai Taman Nasional Tambora dan Balai Taman Nasional Gunung Leuser, otoritas wisata lain yang turut hadir ada Sarawak Tourism Board dan Dinas Pariwisata Pekalongan Jawa Tengah.

Beragam komunitas dan asosiasi petualangan juga turut serta meramaikan keseruan Indofest 2020. Diantaranya: Komunitas Kemah Keluarga Indonesia, Federasi Mountaineering Indonesia, Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia, Federasi Panjat Tebing Indonesia, Indonesia Adventure Travel Tourism Association, Hammocker Indonesia dan lainnya.

Hiburan
Tidak hanya itu, kamu juga akan semakin dimanjakan dengan suguhan apik musik dalam program “Intimate Music Performe” yang menampilkan musisi-musisi ternama, seperti Efek Rumah Kaca, Fourtwenty, Thasoora dan Club Dangdut Ceria.

Sebagai komitmen turut serta meminimalisir sampah, khususnya plastik, menurut Disyon, sejak penyelenggaraan tahun lalu, sepanjang penyelenggaraan acara, ada tim yang selalu mengingatkan kepada pengunjung untuk tidak membuang sampah sembarangan dan membawa tumbler atau tempat minum sendiri. Juga sekecil mungkin barang belanjaan tidak dibawa dalam kantong-kantong kresek.

Selama empat hari penyelenggaraan, para petualang akan dimanjakan untuk mencari dan berbelanja berbagai kebutuhan perlengkapan dan peralatan untuk berpetualangnya. Brand internasional maupun lokal. Termasuk informasi mengenai destinasi petualangan.

Karena, penyelenggara perjalanan, hotel, resort, tujuan petualangan, penyelenggara trekking, pemberdayaan masyarakat dan cinderamata lokal, turut ambil bagian dalam event yang dikenal sebagai lebarannya para petualang dan pecinta kegiatan luar ruang.

Selain Indofest, ajang kali ini juga melibatkan Indofishing 2020. Sebuah ajang berkumpulnya para angler dan para penggiat industri memancing di wilayah Asia Tenggara. Khususnya Indonesia.

Sebagai informasi, Indofest 2020 akan berlangsung mulai pukul 10.00-21.00 WIB, setiap harinya. Setiap pengunjung dikenakan tiket sebesar Rp 40.000 dan dapat dibeli presale dan on the spot. Untuk link pembelian tiket, dapat mengakses langsung website www.indo-fest.com atau tokopedia.com.

“Mari berpetualang dengan aman dan nyaman serta tetap menjaga kelestarian alam Indonesia. Temukan beragam brand-brand perlengkapan outdoor serta keseruan-keseruan bersama komunitas serta talkshow-talkshow edukatif dan inspiratif di Indofest 2020,” ajak Disyon. [tsr]

IG @goeharound

Tangguh Sipria Riang

IG @goeharound

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *