Canggih! Shinkansen N700S Bisa Jalan Pakai Baterai Lithium-ion

Reporter  :
Editor       : Tangguh Sipria Riang

RANSELPRO.COM, Tokyo – Kereta peluru asal Jepang, Shinkansen, resmi meluncurkan seri terbarunya, N700S, di Tokyo, Rabu (1/7) waktu setempat. Dikutip dari kyodonews.net, huruf S pada seri N700S berarti Supreme alias yang tertinggi. Ditandai dengan peningkatan kinerja dan fitur kabin.

“Saya yakin ini adalah shinkansen terbaik dalam segala hal. Mulai dari keselamatan, stabilitas, dan kenyamanan,” kata Shin Kaneko, presiden Central Japan Railway saat melepas keberangkatan kereta di platform stasiun.

N700S bertolak dari Stasiun Tokyo pukul 6 pagi waktu setempat, usia menerima sinyal hijau dari kepala stasiun Takeshi Matsuki. Kereta destinasi Osaka itu melaju melalui jalur Tokaido Shinkansen menuju Hakata di Jepang barat daya.

“Saya berharap banyak penumpang menikmati perjalanan,” imbuh Kaneko saat melaporkan langsung dari atas N700S.

Salah satu penggemar shinkansen asal Bengkulu. (RANSELPRO.com/Tangguh Sipria Riang)

Penggemar shinkansen langsung menyerbu Stasiun JR Tokyo untuk menyaksikan peluncuran perdana seri N700S. Kereta ini hasil pemutakhiran penuh generasi keenam Tokaido Shinkansen sejak 13 tahun terakhir.

Operator kereta api Jepang, JR Central, mendeskripsikan N700S sebagai kereta berkecepatan tinggi pertama di dunia dengan sistem baterai lithium-ion. Daya cadangan saat kejadian darurat.

Fitur ini memungkinkannya kereta melanjutkan perjalanan ke stasiun terdekat dengan kekuatannya sendiri. Artinya, menjamin keselamatan penumpang saat terdesak akibat pemadaman listrik.

Inovasi tersebut mengacu pada catatan kasus kematian dan cedera pada sistem kereta peluru, beberapa tahun terakhir. Untuk itu, JR Central pun telah memasang lebih banyak kamera keamanan di gerbong N700S, dibandingkan model sebelumnya.

Selain itu, pihak pengelola mengklaim bahwa kereta ini hanya menghasilkan lebih sedikit suara bising, guncangan, dan tekanan udara. Namun tetap memaksimalkan kecepatan hingga 285 km/jam seperti model sebelumnya.

Tim RanselPro berkesempatan menjajal kecepatan shinkansen seri N700A rute Kyoto-Tokyo, beberapa waktu lalu. (RANSELPRO.com/Tangguh Sipria Riang)

Penumpang juga dimanjakan fasilitas kursi berbaring. Serta dilengkapi steker atau colokan listrik tersendiri. Untuk kabin penumpang, akan otomatis menyala ketika kereta mendekati setiap stasiun. Tujuannya, sebagai pengingat penumpang agar tidak melupakan barang-barang mereka.

“Saya tak sabar untuk mencoba fitur-fitur terbaru ini,” kata Yoshinori Tanaka (47), warga Sagamihara, Prefektur Kanagawa.

Untuk diketahui, shinkansen N700S akan beroperasi di jalur Tokaido Shinkansen rute Tokyo – Osaka. Jalur tersebut melintasi Sanyo Shinkansen hingga ke Stasiun Hakata di Kyushu.

Shinkansen seri terbaru ini, tetap diluncurkan meski okupansi penumpang mengalami penurunan di tengah pandemi Covid19. Rencananya, JR Central, akan memperkenalkan 12 kereta N700S dalam tahun fiskal 2020 hingga Maret 2021. Lalu, meningkatkan kuantitas kereta menjadi 40 unit pada tahun fiskal 2022. (tsr)

IG @goeharound

Tangguh Sipria Riang

IG @goeharound

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *